Laporan Akhir 1
M3 P3
[Kembali ke Menu Sebelumnya]
MODUL 3: Communication
Laporan Akhir 1
1. Susunlah susunan komponen dalam perangkat lunak Proteus sesuai dengan kondisi eksperimen.
2. Buatlah skrip untuk perangkat Arduino menggunakan perangkat lunak Arduino IDE.
3. Lakukan proses kompilasi untuk skrip tersebut, kemudian unggah ke perangkat Arduino.
4. Setelah proses pengunggahan selesai, aktifkan simulasi rangkaian dalam perangkat lunak Proteus.
a) Modul Arduino
Percobaan 3
Rangkaian yang ada pada gambar diatas terdiri dari 2 arduino dimana satu arduino menjadi Master dan satu lagi menjadi Slave. Arduino Master berkerja sebagai penerima kondisi dari keypad 4x4, dimana keypad terhubung ke arduino master melalui kabel jumper. Saat tombol keypad ditekan, maka input akan masuk ke arduino dan data input akan dikirim dari arduino master ke slave melalui komunikasi I2C, dimana arduino berkomunikasi melalui pin SDA dan SCL.
Pada sisi slave, saat arduino slave menerima data dari master, maka data tersebut akan digunakan untuk memunculkan angka pada LCD 16x2. Data yang ditunjukkan pada LCD 16x2 akan sesuai dengan tombol yang ditekan di keypad.
Komunikasi yang dijalankan dapat terjadi karena pada program yang dibuat pada kedua arduino, dilakukan deklarasi library <Wire.h> yang dapat mengaktifkan metode komunikasi I2C.
4. Flowchart [Kembali]
//Master Arduino
#include
#include
const byte ROWS = 4;
const byte COLS = 3;
char keys[ROWS][COLS] = {
{'1', '2', '3'},
{'4', '5', '6'},
{'7', '8', '9'},
{'*', '0', '#'},
};
char rowPins[ROWS] = {9, 8, 7, 6};
char colPins[COLS] = {5, 4, 3};
Keypad keypad = Keypad(makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS);
void setup()
{
Wire.begin(); // join i2c bus (address optional for master)
}
//byte x = 0;
void loop(){
char key = keypad.getKey();
if (key) {
Wire.beginTransmission(4); // transmit to device #4
Wire.write(key);
Wire.endTransmission(); // stop transmitting
}
}
//Slave Arduino
#include
#include
LiquidCrystal lcd(12, 11, 5, 4, 3, 2); // Sesuaikan pin sesuai dengan koneksi LCD
void setup()
{
lcd.begin(16, 2);
Wire.begin(4); // join i2c bus with address #4
Wire.onReceive(receiveEvent); // register event
Serial.begin(9600); // start serial for output
}
void loop()
{
delay(100);
}
// function that executes whenever data is received from master
// this function is registered as an event, see setup()
void receiveEvent(int howMany)
{
char c = Wire.read(); // receive byte as a character
Serial.println(c); // print the character
lcd.clear();
lcd.setCursor(0, 0);
lcd.print(c);
delay(100);
}
Pada percobaan 3 modul 3, dilakukan secara langsung yang menyebabkan tidak ada kondisi
Percobaan 3
Unduh Gambar Rangkaian Simulasi di sini Unduh Program Slave di sini
Unduh Program Master di sini
No comments:
Post a Comment